Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan Saat Kantong Menipis

Pengenjalan.com,- Liburan atau tarveling menjadi impian banyak orang sekarang ini, karena salah satu tujuannya adalah menghilangkan penat karena aktivitas yang online terus. Tidak hanya untuk pelajar, mahasiswa atau karyawan, yang di rumah saja juga butuh untuk yang namanya liburan. Yup, setelah menjalani aktivitas padat dan melelahkan, kita semua pasti perlu waktu untuk bersantai dan bersenang-senang.

Tapi menjadi sebuah problem ketika kondisi dompet sedang menipis, maka beberapa orang akhirnya mencoba menerapkan cara liburan hemat dan tetap menyenangkan meskipun budget minim. Mumpung masih muda, masih belum terlalu suntuk dengan pekerjaan, sesekali berpetualang menikmati indahnya alam Indonesia bisa dilakukan.
Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Cara Liburan Hemat dan Menyenangkan yang bisa dicoba

Ngomong-ngomong soal liburan, pastinya tidak akan lepas dari biaya alias budget, minimal itu untuk biaya makan ketika di perjalanan atau sekadar mengisi bahan bakar. Terkecuali, belakang rumah kita adalah air terjun tujuh bidadari. Jadi, meskipun budget minim juga sebenarnya kita bisa menikmati liburan yang menyenangkan tanpa harus memikirkan terlalu keras mengenai budget liburan.

Berikut ini tips liburan hemat dan menyenangkan yang bisa dicoba diterapkan, semoga saja bisa membantu terutama ketika tanggal tua.

Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Hayo siapa yang suka merencanakan liburannya jauh-jauh hari? Jika iya, maka ini bagus lho untuk menghindari baudget yang terlalu minim. Minimal sebelum melakukan perencanaan ini, kita sudah mulai menyisihkan uang atau sedikit duit jajan untuk merencanakan liburan hemat ini.

Buat rencana perjalanan sebaiknya dari jauh-jauh hari. Cari tempat mana yang mau didatangi, perbekalan apa yang harus dibawa, dan seterusnya. Yang terpenting, jika membuat rencana perjalanan dari jauh-jauh hari, kamu bisa menabung biaya perjalanan dari sekarang.

Manfaatkan Yang Sudah Ada

Karena kondisi kantong menipis, jadi harus benar-benar memanfaatkan yang sudah ada. Misalnya saja, ketika akan melakukan perjalanan liburan ke luar kota, maka diperlukan penginapan dan seterusnya. Jika demikian, coba untuk mencari kontak teman yang mungkin tempat tinggalnya bisa digunakan untuk menginap. 

Atau jika perjalanan yang tidak terlalu jauh, maka makanan bisa diubah dengan membawa bekal sendiri. Ini juga bisa menghemat biaya liburan. Dan bisa tetap menyenangkan jika semua dilakukan bersama banyak teman atau keluarga. Kenapa begitu? Karena biasanya ketika rombongan, selalu ada diskon tiket dan seterusnya.

Perlengkapan Kalau Bisa jangan Beli

Tips liburan hemat dan menyenangkan jika memilih untuk liburan ke gunung atau yang ngecamp, maka perlengkapannya cukup pinjam saja. Kalau memang ada uangnya, ya gak apa-apa kalau bisa membelinya. Namun jika memang kondisi uang belum mempuni, sebaiknya untuk meminjam saja ke teman atau persewaan bersama teman. 

Jangan Gunakan Tour Guide

Tour Guide untuk liburan hemat dan menyenangkan saya rasa tidak perlu, karena zaman sudah mulai berubah. Dimana internet sudah bagus, jadi bisa menggunakan fasilitas ini untuk mendapatkan petunjuk mengenai tempat wisata dan seterusnya. 

Jadi tidak perlu menggunakan tour guide kalau berkunjung ke objek wisata. Kadang informasi yang kita dapat dari internet, lebih banyak ngasih info menarik dibandingkan keterangan dari tour guide atau pemandu wisata yang begitu-begitu aja. Udah gitu, gratis pula.

Bepergian Menggunakan Transportasi Umum

Salah satu tips liburan hemat adalah dengan menggunakan transportasi umum, karena selain menghemat juga bisa mendapatkan pengalaman menarik dalam melakukan perjalanan. Dan biasanya akan bertemu dengan orang-orang baru di transportasi umum, sehingga menemukan orang yang tepat untuk berbincang hingga tiba di tujuan.

Kesimpulan

Jadi masalah bisa atau tidaknya liburan hemat dan menyenangkan ini tergantung bagaimana kita. Apakah kita pandai memanfaatkan situasi atau melihat peluang, sehingga bisa menerapkan cara liburan hemat dan menyenangkan ketika kantong sedang menipis.
Pengen Jalan
Pengen Jalan adalah blog yang membahas tentang tujuan liburan dan rencana tujuan liburan ke seluruh Indonesia dan Dunia
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar